Minggu, 06 Maret 2016

TUGAS MANDIRI 5 KIMIA ORGANIK II

Senyawa Organometalik

Senyawa organometalik adalah ilmu yang mempelajari senyawaan kimia yang terdiri dari ikatan karbon dengan logam. Senyawa organometalik disebut juga sebagai organo-anorganik atau metalo-organik dan metalorganik. Contoh senyawa organometalik adalah nikel tetrakarbonil dan ferocena yang merupakan senyawa organic dengan logam transisi. Contoh lain adalah reagen Grignard contohnya MeMgI, Et2Mg, dan lithium dimethylcuprate (Li+[CuMe2]-).

Ikatan karbon dengan logam dalam senyawa organometalik umumnya bersifat sebagian ionic dan sebagian kovalen. Jika ikatan logam-C bersifat ion maka hal ini disebabkan karena logam yang dipakai sangat bersifat elektropositif seperti logam alkali, atau ada dalam bentuk karbanion. Sedangakn sifat ionic ikatan logam-C dalam logam transisi dan metalloid sangat rendah tergantung dari elektronegatifitas logam itu sendiri. Sifat ionic dan kovalen ikatan logam-C amat penting disebabkan ini memerankan peranan dalam kestabilan didalam larutan.

Organometalik memiliki peranan yang penting dalam sintesis kimia dan katalis. Sepeerti tetra etil lead (TEL) dipakai sebagai anti knocking dalam gasoline akan tetapi sekarang banyak diganti oleh ferosena atau methylcyclopentadienyl manganese tricarbonyl. Organometalik dari litium atau seng bersifat basa dan bersifat sebagai reduktor dan banyak dipakai dalam sintesis kimia organic. ButilLitium (gambar) adalah contoh organometalik yang banyak dipakai dalam sintesis. Organometalik terlibat dalam reaksi-reaksi penting sebagai berikut:

Eleminasi dan adisi oksidatif
Transmetliasi
Karbometilasi
Hidrometilasi
Transfer electron
Beta eleminasi hidrida
Reaksi substitusi organometalik
Siklometilasi
Reaksi Migrasi-Pemasukan
Aktivasi ikatan karbon-hidrogen.





PERMASALAHAN    :
TOLONG BERIKAN CONTOH LOGAM ORGANOMETALIK






1 komentar:

  1. Assalamualaikum saya mardhyati albanjari dengan nim RRA1C114002, contoh dari senyawa organometalik adalah Mg,
    Mg bersifat unik dilelehkan dengan vakum untuk menguapkan H2O. Mg dalam udara :
    Mg + O2 ......> MgO (tidak reaktif)
    maka diuapkan kemudian diaktifkan dengan eter bebas air dan tetrahidroforan.
    semoga membantu

    BalasHapus